Sejarah hari batik nasional dan sejarah batik Pekalongan

Sejarah hari batik nasional dan sejarah batik Pekalongan 

Gambaran:Karakteris batik Pekalongan 

Pekalongan~Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Hari penting ini memperingati tanggal diakuinya Batik sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

Sebagai informasi, UNESCO atau The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization sendiri merupakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Sementara itu, warisan budaya takbenda adalah sumber daya strategis yang memungkinkan pembangunan transformasi pada tingkat lokal dan global. Warisan budaya takbenda sebagai budaya hidup dapat menjadi sumber inovasi yang utama untuk pembangunan, Terutama batik pekalongan.

Sejarah batik Pekalongan 

Indonesia dikenal sebagai negara dengan budayanya yang kaya dan beragam, salah satunya adalah batik. Batik dari Indonesia juga sudah dikenal seluruh dunia sebagai warisan budaya Indonesia yang berharga.Batik telah dikenal masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa sejak masa Kerajaan Majapahit. Batik kemudian berkembang dan berlanjut di Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Akan tetapi, sebutan Kota Batik melekat pada Kota Pekalongan, bahkan pada tahun 1958 logo Kota Pekalongan ditetapkan dengan berbagai tambahan ornamen batik. Di Kota Pekalongan, kerajinan batik juga ditemukan di rumah dan perkampungan warga dan tak sedikit pula yang menjadikan batik ini sebagai mata pencaharian utama.

Batik adalah salah satu warisan budaya yang didefinisikan sebagai sebuah teknik, simbol, serta kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan yang berasal dari Indonesia. Momen Batik masuk dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO dirayakan sebagai Hari Batik

Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober

Hari Batik Nasional diperingati sejak ditetapkannya Batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO.

Batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Dikutip dari laman UNESCO, Batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir.

"Teknik, simbol, dan kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan (hand-dyed) yang dikenal sebagai Batik Indonesia, menjadi simbol kehidupan masyarakat mulai awal hingga akhir. Untuk gendongan bayi, kain batik yang digunakan punya simbol keberuntungan untuk anak. Sedangkan batik yang digunakan saat ada yang meninggal menggunakan simbol berduka," tulis UNESCO.

Selanjutnya, Hari Batik Nasional ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009. Keppres ini diteken pada tanggal 17 November 2009.

Berikut ini 3 hal yang menjadi pertimbangan mengapa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional:

1. United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) mengukuhkan Batik Indonesia masuk ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda warisan manusia yang merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.

2. Pengukuhan tersebut diharapkan dapat meningkatkan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia. Selain itu, diharapkan pula batik dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia.

3. Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia, maka ditentukanlah tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Cara Merayakan Hari Batik Nasional

Tahun 2023 ini merupakan peringatan yang ke-14 tahun Hari Batik Nasional, sejak Batik ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda UNESCO pada tahun 2009. Untuk turut merayakannya, berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan:

  • Pelajari lebih lanjut tentang budaya kesenian Batik Indonesia
  • Mengikuti program belajar cara membuat Batik atau membatik
  • Sebarluaskan informasi tentang peringatan Hari Batik Nasional
  • Berpakaian Batik Indonesia pada tanggal perayaan Hari Batik
  • Ramaikan media sosial dengan
  • ucapan dan twibbon Hari Batik.


0 Comments