Ghibah PLTU Terkait Ekonomi Politik Energi & Kelistrikan

Foto by Kojahan

Aliansi  batang pergerakan dan Gusdurian batang kegiatan berdiskusi terkait dampak PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap )terhadap Lingkungan . Kegiatan diskusi bertempat di  store bekasbaik blado batang pada Sabtu malam  (23/07). Kegiatan diskusi ini mengusung tema "ghibah PLTU"

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik. salah satu sumber daya alam batubara yang menjadi bahan PLTU (pembangkit listrik tenaga uap).

Ghibah PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) merujuk ke Dampak dari PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) yang mengakibatkan rusaknya ekosistemEkosistem yang dulunya sebagian besar berupa hutan dengan banyak pohon dihuni kembali dan pertanian. Aliran yang merupakan bagian integral dari ekosistem lokal dipenuhi dengan limbah dan puing-puing sisa penambangan.

Praktik2 industrialisasi energi seperti PLTU telah secara nyata menciptakan krisis sosial-ekologis yang maha dahsyat. Krisis sosial-ekologis ini tercipta di sepanjang rantai nilai produksi-konsumsi energi di Indonesia.

Mulai dari hulu hingga hilir praktik2 ekstraksi batu bara termasuk didalamnya proses produksi dan pengolahan pembangkit listrik tenaga uap. berhasil melanggengkan penyiksaan terhadap masyarakat melalui perampasan lahan, penghilangan dan penyempitan mata pencaharian, perusakan ekosistem, berbagai macam polusi, hinggamemunculkan penyakit-penyakit akibat pembangunan serta eksploitasi  tenaga kerja besarbesaran.


0 Comments